Antara Mir'ah dan Mar'ah




Beda tipis hanya “i’ dan “a”nya saja. 
Tapi hati-hati membacanya, artinya beda jauh. 
Yang satu Mir’ah artinya cermin dan “Mar’ah” artinya wanita atau perempuan. Akan tetapi perbedaan arti ini justru unik dan tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya antara mir’ah dan mar’ah. 

Di mana ada mar’ah in shaa Allah di situ harus ada mir’ah,.. kok bisa?? Ya… mar’ah dan mir’ah sangat terikat sekali. Tanpa mir’ah si “mar’ah” ini ga akan PEDE (percaya diri) keluar rumah atau bergaul dengan manusia. 

Saking terikatnya dengan ‘mir’ah si Mar’ah ini bisa berjam-jam memandangi mir’ah untuk mendapatkan kepercayaan dirinya atau mempercantik dirinya sehingga setelah yakin dengan lamanya ia memandangi si’mir’ah’ barulah si mar’ah ini berani keluar menemui manusia. Ironisnya… ya ironis sekali… jika Mar’ah kuat memandangi mir’ah berlama-lama atau berjam-jam lamanya.. tidak demikian ketika berhadapan dengan Sang pencipta hanya sesaat saja… kalau bisa sesingkat-singkatnya. 

Padahal justru kepadaNyalah mar’ah harus berlama-lama menghadapNya agar ia mendapatkan keindahan ruhani yang sangat mempengaruhi keindahan jasmaninya. Berapa banyak kita lihat wanita (mar’ah) biasa yang wajahnya biasa sekali tetapi karena di poles dengan kecantikan ruhani hasilnya justru ia lebih memikat hati kita daripada wanita yang sibuk mempercantik jasmaninya di depan cermin. Karena ruhaninya kosong tidak dipoles dengan adab dan akhlak islami. 

Wahai, mar atus shalihah (wanita shalihah) marilah kita sekarang berlama-lama menghadap Rabbal ‘Alamiin… agar Allah berkenan memberi kita kecantikan ruhani, kecantikan yang akan kita bawa mati… bekal kita menuju surga abadi… wallahu ‘alam bish-shawwab. 

Copyright by:Ummu Raihanah, Sydney Telah dibaca oleh Ustadzah Arfah di Mekkah **menghadap Rabbal ‘Alamiin: maksudnya adalah ketika shalat, shalatlah kita dengan lama dan khusyu’ dengan kehadiran hati dan merenungi Kebesaran Ilahi yang telah mengaruniai kita kenikmatan yang berlimpah pada diri kita yang lemah dan bodoh ini karena dari shalat yang lama dan khusyu’ efeknya luar biasa,.. mempengaruhi aktifitas kita sehari-hari.Banyak pertolongan Allah akan muncul di saat mendesak tanpa kita sadari.

 **
Baca postingan itu saya sebagai seorang muslimah merasa.... sadar diri. Untuk apa ya saya tak memperlama waktu ibadah saya. Waktu yang luar biasa tercipta untuk manusia agar bisa bercinta dengan Allah SWT dan merasakan adanya getaran cinta yang berbunga-bunga. 

Keep Istiqomah menjaga ahlak saya sebagai Mar'ah. 
Sebarkan copas juga boleh demi kebaikan :)

Sumber : Jilbab Online

9 komentar:

  1. makanya kemana-mana cewek kudu bawa cermin. Buat cewek: no move no mirror. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngak juga kox bang, Neng kagak bawa miror kalo jalan-jalan

      Hapus
    2. hihi, itu bang eksak kok aneh ya? bawa cermin ke mana-mana? lah kayak si topeng mony*** mau pergi ke pasar kudu dandan. Haduh.

      Bener kata Neng Auni.

      Hapus
  2. Tiga kata yang sama dan mirip tapi beda artinya... saya baru tahu neh..

    BalasHapus
  3. kalau di dalam kitab akhlaqu lil banat malah dianjurkan seorang wanita bercermin sebelum keluar rumah, tujuannya adalah agar wanita nantinya tidak dipermalukan ketika dia keluar dalam keadaan yang tidak disadari, misalnya dia habis mencuci panci yang ada arangnya lalu diusapkan ke mukanya dan tiba-tioba mukanya ada bekas hitamnya :) yang perlu digaris bawahi adalah bercermin sewajarnya karna meskipun bercermin berjam-jam tidak akan pernah merubah wajah kita, kalau cantik ya tetap cantik, hehe.. saya ingat pepatah mengatakan, bercerminlah, jika wajahmu cantik jangan rusak dengan akhlak yang buruk, jika wajahmu buruk jangan diperburuk dengan akhlak yang buruk pula :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mba.
      emang bercermin boleh mbak. Kita tinggal menafsirkan dengan baik kok postingan di atas maksudnya apa. hehee... pasti mengarahnya kepada yang berjam-jam mungkin bersolek demi dandanan di luar. klo di rumah demi suami itu gak masalah. Muslimah memang harus bersih heee..
      Cuma terkadang muslimah ini lebih lama di depan kaca merasa cantik ketimbang merasa cantik di hadapan Allah.
      Keep Istiqomah :)

      Hapus
  4. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  5. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    BalasHapus

Komentar yang sopan
Kritiklah bila membangun bukan menjatuhkan
salam persaudaraan ^_^

 
Catatan Annurshah Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template