Bulan Muharram, Antara Sunnah & yang menyelisihinya.



credit

Keutamaan:

1. Termasuk dari 4 bulan haram.
(Lihat QS.At-Taubah:36)
Artinya : Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu Menganiaya diri kamu dalam bulan-bulan itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.(Qs. at Taubah : 36)

2. Termasuk bulan yang mulia
(Lihat,HR.al-Bukhari,no.2958 dr Abu Bakrah).
Ketika haji wada’ Rasulallah bersabda : Dari Abi Bakrah RA bahwa Nabi bersabda: “Setahun ada dua belas bulan, empat darinya adalah bulan suci. Tiga darinya berturut-turut; Zulqa’dah, Zul-Hijjah, Muharram dan Rajab”. (HR. Imam Bukhari, Muslim, Abu Daud dan Ahmad).

3. Puasa di bulan Muharram lebih utama setelah Ramadhan (Lihat,HR.Muslim,no.1982), 

khususnya tgl 10 Muharram dapat menghapuskan dosa setahun sebelumnya.(Lihat,HR.Muslim lainnya)

> Amalan Yang dianjurkan:

1. Tidak berbuat dzalim pada bulan ini,baik yang kecil maupun yang besar. 
     (Lihat,QS.At-Taubah:36 & HR.Muslim)

2. Puasa 10 Muharram (Asyura`). 

Nabi pernah ditanya ttg puasa di hari 'Asyura, maka beliau menjawab ,"Puasa itu bisa menghapuskan(dosa-dosa kecil) pada tahun sebelumnya."

“ Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah dari Malik dari Ibnu Syihab dari Humaid bin Abdurahman bahwa dia mendengar Mu'awiyah bin Abu Sufyan radiyallahhu anhuma pada hari asyura ketika tahun penyelenggaraan haji atas mimbar berkata : "Wahai penduduk Madinah, mana para 'Ulama kalian? Aku pernah mendengar Rosulullah SAW bersabda : "Ini (10 Muharrom) adalah hari 'Asyuro dan Allah belum mewajibkan puasa atas kalian dan sekarang aku sedang berpuasa, maka siapa yang mau silahkan berpuasa dan siapa yang tidak mau silahkan berbuka (tidak berpuasa) “ (Bukhori :1899 dan Muslim : 2653)

  • Dengan pahala akan diampuni dosa tahun yang lalu :

“Dari Abu Qatadah -radhiyallahu ‘anhu-, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang puasa hari ‘Asyura. Beliau menjawab, “(Puasa tersebut) Menghapuskan dosa satu tahun yang lalu “. (Muslim : 2746).
  • Sangat dianjurkan untuk ditambah agar bisa berpuasa di hari yang ke-Sembilan, seperti yang telah disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, yang artinya ;

“Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma bahwasanya dia berkata, “ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berpuasa di hari ‘Asyura’ dan memerintahkan manusia untuk berpuasa, para sahabat pun berkata, ‘Ya Rasulullah! Sesungguhnya hari ini adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani.’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun berkata, ‘Apabila tahun depan Insya Allah kita akan berpuasa dengan tanggal 9 (Muharram).’ Belum sempat tahun depan tersebut datang, ternyata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meninggal.” ( Muslim : 1134/2666)
  • Lebih bagus lagi jika ditambah hari yang ke-Sebelas seperti disebutkan dalan sebuah riwayat dari sahabat Abdullah ibn Abbas :
“Berpuasalah kalian pada hari ‘Asyuro` dan berbedalah dengan orang Yahudi, (yaitu) berpuasalah kalian sehari sebelumnya atau sehari setelahnya” (Ibnu Khuzaimah: 2095).


  • Lebih dari itu berpuasa disepanjang bulan Muharom adalah sebaik baik puasa seperti disebutkan oleh Rasulullah dalam hadits yang disebutkan Imam Muslim :
  • ”Sebaik baik puasa setelah bulan Ramadhan adalah puasa di bulan Muharom” (Muslim No: 2755).


Disukai puasa ‘Asyura` disertai dengan Tasu’a (9 Muharram) untuk menyelisihi orang-orang Yahudi & Nashrani atau disertai dengan puasa tgl 11 Muharram. Atau yg lebih utama puasa tgl 9,10&11 Muharram.

credit

> Keyakinan&Amalan Yang Menyelisihi Sunnah:

  1. 1. Doa akhir tahun dibaca sesudah shalat ‘Ashar,&doa awal tahunnya dibaca sesudah shalat Maghrib (Hadits Palsu)
  2. Puasa akhir bulan Dzulhijjah &puasa awal Muharram (Hadits Palsu)
  3. Pencataan amalan sesorg ditutup pada bulan Muharram& barangsiapa yang mengingatkan akan terbebas dari neraka.(Tidak ada asal-usulnya dari Nabi)
  4. Saling ma’af & mema’afkan (Ma’af & mema’afkan kapan saja waktunya jika diperlukan)
  5. Shalat&dzikir-dzikir khusus, yang disebut dengan shalat ‘Asyura. (Hadits Palsu)
  6.  Bulan Muharram,bulan Anak Yatim (Hadits Palsu)
  7. Mandi Janabah,bercelak,memakai minyak rambut& mewarnai kuku & menyemir rambut karena meyakini ada keutamaan tertentu.(Hadits Palsu)
  8. Dan amalan-amalan yang lain yang tidak ada asal-susulnya dalam syari’at Islam.


> Peringatan: Nabi bersabda,

1. “Barangsiapa berdusta atasku dengan sengaja,maka hendaknya ia menempati tampat duduknya di Neraka.” (HR. al-Bukhari)

2. “Barangsiapa yang mengada-adakan dalam urusan (agama) kami ini yang bukan berasal dirinya,maka amalan tersebut tertolak'."(HR.al-Bukhari&Muslim)

Maka berhati-hatilah..!! 

Semoga bermanfaat. 

Wallohu a’lam bishshowab

Berbagai sumber. 

Silahkan download kalender terbaru 1435 H
KLIK DISINI


12 komentar:

  1. ikut menyimak mbak....terima kasih telah mengingatkan sunnah2 yang baik dilakukan pada bulan muharram maupun perbuatan2 yg menyelisihinya, mudah2an kita tidak termasuk golongan yang suka mengada-adakan suatu perkara dalam ibadah

    BalasHapus
  2. bermanfaat sekali infonya.. selamat tahun baru muslim...

    BalasHapus
  3. kalau pawai obor gimana, Kak?
    hihiiih :))
    disini rame yang pawai obor

    BalasHapus
    Balasan
    1. HEHE TETEH PURA2 GAK TAHU :P
      mereka yg pake obor kurang kerjaan kali ya? mana ada amalannya :D
      caper aja hehe..

      Hapus
  4. wahh ternyata yang banyak beredar itu hadis palsu toh.. hoooh jadi tahu say :)
    makasih infonya mba :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. huum, aku inget bgd sering diusap kepalaku dulu. kan aku termasuk yatim waktu ku masih SD ...
      semenjak SMP SMA gak pernah ngusap2 heheh.. eh diusap kepalaku.
      emang ada hadist shahih ttg memuliakan anak yatim ,,, tapi bebas kok gak selalu muharam. So, kadang kebanjiran rejeki buat anak yatim ... gpp sih, cuma jgn mmepercayai hadistnya.

      Hapus
  5. Hmmm, nice info nih mba,... jadi tau perihal tentang bulan muharram
    salam...:)

    BalasHapus
  6. kalo aq sih yg penting niatnya...
    kalau berbuat baik kenapa tidak? hem, banyak hadist palsu juga yaaa *Miris

    BalasHapus
  7. Waah terimakasih pengingatnya, Annur ^__^

    BalasHapus
  8. bermanfaat sekali mbak,,terimakasih saya jadi tahu mana yg benar dan mana yang diada adakan.. :)

    BalasHapus
  9. Mari kita isi bulan Muharram ( juga bulan-bulan lainnya ) dengan amalan yang diridhoi Allah SWT. Insya Allah.

    BalasHapus
  10. Mantap,,, bermanfaat sekali mbak.. :)

    BalasHapus

Komentar yang sopan
Kritiklah bila membangun bukan menjatuhkan
salam persaudaraan ^_^

 
Catatan Annurshah Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template