Daun di pekaranganku


Awalnya ku mengenalmu dengan sebutan tumbuhan 
Lantas ku biarkan kau tumbur liar
Namun sekarang kau begitu berarti dan menguntungkan 

Entahlah apa yang ada di dalam pikiranku kala itu melihat daun gingseng jawa yang meliar di rumahku. Lantas ku sebut bunga /pohon tahi lalat. Karena bunganya mengeluarkan bulatan kecil yang di dalamnya terdapat serbuk hitam seperti wijen, terdengar aneh, tapi unuk yang sudah pernah melihatnya tidak aneh lagi. 
Saat itu aku sering memangkasnya bahkan berkali-kali. Tetapi ibuku bilang untuk jangan dipangkas karena tanaman ini berkhasiat, bisa jadi obat bahkan untuk cah tumis atau pengganti daun sawi hijau untuk merebus mie.

Kali itu pikiranku tertuju pada mie rebus plus telur kesukaanku. Aku pun langsung praktek untuk mewujudkan rasa laparku. Caranyapun mudah seperti mencampurkan daun gingseng disaat bersamaan dengan mie rebus. 

Kemudian aku pun mulai berselancar manfaat apa saja pada : Daun Ginseng
Search Goggle disebuah website daun gingseng mengatakan : 
Daun ginseng ini adalah tanaman perdu yang tumbunya semi menjalar dan bisa mencapai tinggi 60 cm. Daunnya oval berwarna hijau mengkilat.
Berbunga majemuk dengan kelopak berwarna merah muda. Tanaman sangat mudah dikembangbiakan, baik dengan biji maupun stek batang. Asal medianya gembur, cukup humus dan tidak tergenang air, tanaman ini bisa tumbuh subur. Daun ginseng juga cantik di tanam dalam pot sebagai tanaman hias karena bentuk daun dan bunganya menarik.
Daun ginseng ternyata sangat cocok ditumis, dibuat cah (dimasak dengan sedikit air) atau sebagai campuran sayur bening atau sup. Rasanya lezat dengan tekstur lembut dan agak sedikit berlendir.
Belum ada penelitian yang pasti tentang manfaat daun ginseng, namun secara turun temurun daunya dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh. Sejauh ini baru diketahui bahwa di dalam bagian daun ginseng ternyata mengandung vitamin A yang cukup tinggi, serat, dan bermacam-macam mineral penting lainnya yang berfungsi meningkatkan stamina dan sebagai antioksidan bagi tubuh manusia.
Tapi jika diteliti lebih dalam lagi, ternyata ada satu bagian dari tanaman ginseng yang agak terlewatkan, yaitu daun ginseng. Khasiat daun ginseng ternyata tidak kalah dengan khasiat yang ada di dalam akar ginseng. 
**


DAUN SIRIH

Satu lagi, yang membuatku mulai tak kehabisan ide. Saat itu tumbuhan daun sirih hijau mulai merambat dan semakin banyak. Alhamdulillah bisa mengobati sakit mata, bisa untuk keputihan dan berbagai macam kegunaan.
Berhubung saat itu ibuku sedang ingin mencoba membuat keripik. Hemm, tak bisa terbayangkan untuk makan keripik daun sirih. Pasti rasanya huek, pahit dan anyir.
Ibuku tak kehabisan ide pastinya, Ia memang kreatif kalau soal memasak yang berbau gorengan. Kalau kue ya beliau bukan ahlinya. Ide itu menjalar dipikirannya karena Ia harus memberikan menu baru di arisan PKK RT. Menunya bisa sebuah artikel kesehatan atau yang lainnya, tapi untuk kali ini adalah masakan. Jadi gak ada cara lain selain membuat kreasi baru yang bermanfaat.
Caranya sangat mudah dan kaya khasiat.

KERIPIK DAUN SIRIH


LINK GAMBAR


Bahan :

  1. Kumpulkan lembaran daun sirih secukupnya kalau bisa pilih daun yang masih muda jangan terlalu tua apalagi sangat tua. Kira-kira 25 lembar /30 lembar (tergantung pada bumbu /adonan yang tersedia).
  2. Bahan bumbu
  3. 3 butir bawang putih
  4. 3 butir kemiri
  5. Sejumput ketumbar
  6. Batang serai 1
  7. garam secukupnya
  8. 1/4 kg tepung beras
  9. 3 sendok tepung kanji atau 3 sendok tepung Hun Kwee
  10. 1 butir telur


Cara membuat :
  1. Haluskan bumbu kecuali tepung, telur dan daun sirih. Kemudian dimasukkan ke adonan tepung.
  2. Cuci daun sirih kemudian rendam air kapur sirih sebentar saja, rebus selama 2-3 menit jangan lupa diberi garam, kemudian  keringkan/jemur. 
  3. Setelah kering, masukkan daun sirih ke dalam adonan tepung lalu goreng. Tiriskan dan keripik daun sirih siap dihidangkan dan disantap.
Untuk masalah rasa, jangan ditanya lagi. Enak pastinya gurih sesuai dengan porsi bumbunya cukup.
Bagaimana anda mau mencoba? silahkan. 

Manfaat Keripik Daun sirih yang langsung saya cari di google : 
Sirih mengandung arecoline di seluruh bagian tanaman yang bermanfaat untuk merangsang saraf pusat dan daya pikir, meningkatkan gerakan peristaltik, dan meredakan dengkuran.

Bahkan, daunnya mengandung eugenol yang mampu mencegah ejakulasi dini, membasmi jamur Candida Albicans, bersifat analgesik atau meredakan rasa nyeri, mengandung tannin yang bermanfaat mengurangi sekresi cairan pada vagina, melindungi fungsi hati, dan mencegah diare.

^_^

Ada banyak cara kita memanfaatkan tumbuhan yang terkesan liar. 
Namun Tuhan tidak akan menciptakan sesuatu yang tak bermanfaat bagi kita. Dan jika semua halal sesuai dengan cara terbaik, maka hasilnyapun akan baik. 


Maka kami tumbuhkan dengan air hujan itu berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang bermacam-macam. [Thaahaa:53]

Dan kami turunkan dari awan air yang banyak tercurah, Supaya kami tumbuhkan dengan air itu biji-bijian dan tumbuh-tumbuhan, Dan kebun-kebun yang lebat. [An-Naba': 14-16]

Tegal, 15 September 2013

Characters 4146 no spaces
728 words

Refrensi :

***

Tulisan ini diikutkan “GiveAway Aku dan Pohon”  
blognya mb Murtiyarini





28 komentar:

  1. WS juga sering mencampur daun Ginseng itu ke dalam rebusan mie...mie rebusnya jadi makin nikmat :)
    tapi jangan lama2 merebus daun ginsengnya ya mbak bisa2 hancur.
    Umbinya juga berkhasiat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya otomatis dunk, paling 1 menit langsung angkat meski bersamaan tapi tetp ambilnya duluan sebelum mie matang kak.

      Hapus
  2. kripik daun sirih? terus hasilnya rasanya gimana tuh kak? | lihat fotonya kripik daun sirih malah jadi ingat dulu waktu minggu2 iseng2 buat kripik daun bayam hancur jadinya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. BAYAM? weleh nek ini lebih gampang karena empuk.. emang sih ancurnya daunnya bisa mudah rusak.. tapi masalah rasa bayam gak kerasa bayamnya kok.. kayak makan daun gak ada rasa cuma gurihnya ke tepung itu..

      Hapus
  3. Wew, daun sirih dikripik?? Kok lucu, hehee. Sy tdk bs membayangkan rasanya... -.-

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak kok gurih... lezat nyummi... hehhehe...
      kadang ada rasa sirihnya klo kurang oke masaknya ...

      Hapus
    2. ditempat saya banyak yang nggoreng daun bayam dikasih tepung...:)

      Hapus
    3. klo itu sudah biasa Pak, yang ini kan luar biasa hehe.. beda khasiat pula :D

      Hapus
  4. kunjungan perdana...izin nyimak dan follow ya...doa saya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai anda...aamiin :)

    BalasHapus
  5. Mulai ada resep nih,, ^^
    keripik daun sirih itu ada juga ya,,, rasanya kek gimana ya?? secara pahit kata orang2 tua jaman dulu.. keripik daun bayam yg saya tahu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya ya enaklah mbak gurih dan ada rasa sirih dikit, cuma kan khasiatnya itu lho he..
      yg pernah ngerasain ya sama halnya dnegan keripik bayam, bedanya ada rasa sirih ehhee :)

      Bayam sekrang susah nyarinya, bayam yang liar itu lho maksd saya yang paling enak dijadikan keripik. Karna waktu jaman saya SD hemm jangan ditanya deh, bayam liar tumbuh sana-sini. gampang bgd

      Hapus
    2. jadi penasaran sama keripik daun sirihnya... saya pernah kunyah daun sirih, rasanya memang pahit... nah, ini di bikin keripik, rasanya ??

      Hapus
    3. enak kok, pokoke.. klo kita tetangga tak bagi hehe...

      Hapus
  6. Sama dengan yang koemn diatas, daun sirih dibuat kripik? Kayak apa rasanya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya ya enaklah mbak gurih dan ada rasa sirih dikit, cuma kan khasiatnya itu lho he..
      yg pernah ngerasain ya sama halnya dnegan keripik bayam, bedanya ada rasa sirih ehhee :)

      Hapus
  7. wah mbak aku penasaran kripik daun sirihnya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, sayang lagi layu dirumahku skrang tumbuhnya daun sirih merah yang super pahit jadi tidak untuk dianjurkan hee :)
      klo saya banyak rezeki tak kirim makannnya hehe :) cuma itu daunnya :P

      Hapus
  8. eeeh.. sumpeh di rumahku juga nanem daun gingseng.. buat kekuatan juga biar tubuh sehat :) pernah sakit maagku kambuh, badan lemes, aku konsumsi daun gingseng yang ditumis, eeeh sembuh deh badan juga jadi seger dan fit :)kalo daun sirih buat bersihin miss v aja sih hehehee.. belom kepikiran buat bikin keripik meskipun sudah ada resepnya, risih soalnya biasanya buat nyuci miss V -____- selain itu berasa kayak mbah2 lagi nginang kalo makan daun sirih,, hehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi daun sirih merah biasanya tak pake buat terapi ngebersiin mata :)

      Hapus
    2. emang bener bgd mba, hehe nginang belum pernah. katanya nginang buat mutihin gigi ya? eh nguatin. bagus tuh biar gak cepat berlubang hehe.. katanya sih..

      klo daun gingseng emang enak mba. pengganti daun lainnya :)

      Hapus
  9. saya mau coba resep kerpik daun sirihnya mbak, daripada penasaran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. MONGGO KANG, tapi ingat resepnya harus bener2 dijalani hehe,. klo ada bebrapa langkah yang salah bisa gak enak.. hehe..

      Hapus
    2. oke mbak, siiip...sudah saya catat kok resep dan caranya :)

      Hapus
  10. Setiap tanaman meskipun liar pasti ada kegunaannya. Kalau belum berguna, itu karena belum ditemukan aja khasiat dan kegunaannya. Allah menciptakan segala sesuatu nggak sia-sia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya dunk.. pastinya kang Yitno ::)

      Hapus
  11. Aku baru tahu kalau daun gingseng sama daun sirih bisa di makan,,,,, tapi kalau untuk gingseng di tempatku masih jarang keberadaan nya mungkin nanti daun sirih dulu yang mau aku coba....
    Nice post :)

    BalasHapus
  12. wah inisiatip yang sangat bagus juga

    BalasHapus
  13. tanaman liar yang banyak manfaatnya

    BalasHapus

Komentar yang sopan
Kritiklah bila membangun bukan menjatuhkan
salam persaudaraan ^_^

 
Catatan Annurshah Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template