Mencegah Penyakit Tersinggung :P





Entah kenapa saat sms-an lebih banyak tersinggungnya, apalagi lawan kita ini tidak bisa di ajak diskusi baik-baik. Hanya saran awalnya, tapi tanggapannya kurang mengenakan hati saya. 
Berusaha tenang, tapi lama-kelamaan kok seperti menyudutkan. Diam seribu bahasa salah. Marah apalagi. Tenang malah gak bisa tidur. rasanya tersinggung. hehehe... ceritaku dulu pertama kali merasakan tersinggung hebat. 


Salah satu penyebab kita berantem adalah kita itu tidak tahan terhadap perilaku orang kepada kita, yang akhirnya menyebabkan tersinggung dan bila sudah tersinggung biasanya minimal sibuk bela diri , lalu tingkatan selanjutnya memikirkan kejelekan orang lain...

Kita harus latihan tidak mudah tersinggung, karena tidak jarang kita bisa berbicara tapi ketika tersinggung tabungan amal kita habis karena marah , sekali marah mata melotot …..kata-kata seperti pisau mengiris, kadang seperti palu menghantam belum lagi tangan bisa bermain, kaki bisa memaki, banyak pahala yang kita kumpulkan hilang gara-gara kita tidak tahan menghadapi singgungan...

Kenapa orang tersinggung ? orang tersinggung karena menilai dirinya lebih dari kenyataan , merasa pintar, merasa berjasa, merasa soleh, merasa tampan, merasa sukses, setiap kali kita terus menilai diri kita lebih dari kenyataan bila ada yang menilai kurang sedikit saja ,……..langsung akan tersinggung...

Jadi memang ada sesuatu yang harus kita perbaiki yaitu proporsional menilai diri , kita biasanya membuka peluang tersinggung karena kita salah dalam menilai diri kita.., 

Jadi teknik pertama agar kita tidak mudah tersinggung adalah jangan menilai lebih kepada diri kita.,jangan banyak mengingat-ingat bahwa saya telah berjasa,saya seorang guru, saya seorang pemimpin, saya ini orang yang sudah berbuat ,karena makin banyak kita mengaku-ngaku tentang diri kita itulah yang membuat kita makin tersinggung........ *__*

Khusus dalam hal ini dalam kaitan supaya tidak mudah tersinggung, misalkan kalau kita sarjana lupakan kesarjanaan kita, atau kita seorang direktur lupakan jabatan kita, kalau kita ustadz lupakan ustadz kita,kalau kita seorang pimpinan lupakan , kalau kita seorang terkenal lupakan,kalau kita seorang kaya lupakan ,anggap semuanya ini amanah, dalam kaitan agar kita tidak tamak kepada penghargaan..,

Kalau kita sudah tidak tamak itu akan lebih ringan, kita harus melatih diri kita untuk hanya merasa sekedar hamba Allah yang tidak memiliki apa-apa kecuali ilmu yang dipercikan oleh Allah sedikit, lebih banyak tidak tahu,kita tidak punya harta sedikitpun kecuali sepercik titipan Allah,kita tidak punya jabatan ataupun kedudukan sedikitpun kecuali sepercik yang Allah amanahkan.Dengan merasa hanya sekedar hamba Allah maka akan ringan hidup kita ini, karena makin ingin dihargai, makin ingin dipuji, makin ingin dihormati, akan makin sering sakit hati....

Teknik yang kedua adalah kita harus melihat bahwa apapun yang dilakukan orang kepada kita itu bermanfaat kalau kita dapat menyikapi dengan sikap yang tepat.. Seperti teori lempar kucing ,katanya kalau kucing dilempar batu, maka kucing itu lebih sibuk orang yang melempar daripada melihat batunya.,. 

Kita ini tidak akan rugi dengan perilaku orang kepada kita kalau kita menyikapinya dengan sikap yang tepat , yang rugi itu adalah ketika kita salah menyikapi kejadian, dan sebenarnya kita tidak bisa memaksa orang lain berbuat sesuai dengan keinginan kita... 

Yang bisa kita lakukan adalah memaksa diri kita menyikapi orang lain dengan sikap terbaik kita..,Orang berkata apapun kepada kita itu terjadi dengan izin Allah , anggap saja ini episode atau ujian yang harus kita alami untuk mengetes keimanan kita. 


"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar (QS : 2 ; 155)" 


"(Yaitu) Orang-orang yang apabila ditimpa musibah , mereka mengucapkan Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun (QS : 2 ; 156)" 


"Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk (QS : 2 ; 157)" 

Teknik yang ketiga adalah kita harus empati , yaitu mulai melihat sesuatu tidak dari sisi kita, seperti teori gajah " ada seorang yang menuntun gajah di depan, seorang lagi mengikuti di belakang, yang depan berkata " Ohh indah nian pemandangan sepanjang hari,……..lalu kontan dilempar dari belakang karena dianggap menyindir , karena orang yang dibelakang sepanjang jalan pemandangan di depannya adalah pantat gajah" Oleh karena itu kita harus belajar empati, kalau tidak ingin mudah tersinggung caranya cari seribu satu alasan untuk bisa memaklumi orang lain...

Maksudnya adalah supaya kita tidak mudah dongkol yang menyebabkan emosi dan tersinggung..,Harus diingat seribu satu alasan yang kita buat dilakukan untuk memaklumi bukan untuk membenarkan kesalahan, sehingga kita dapat mengendalikan diri. . .

Teknik yang keempat adalah jadikan ladang peningkatan kualitas diri , jadi ketika menghadapi penghinaan itu sebuah kesempatan, pokoknya penghinaan, perilaku buruk orang kepada kita menjadi ladang bagi kita untuk mengamalkan sifat mulia yaitu memaafkan orang yang menyakiti , membalas keburukan dengan kebaikan...


Episode disakiti adalah episode peningkatan kualitas diri..


Wallahu a’lam bisshowab.


ini bukan tulisan saya. Tapi copas,karena saya juga ingin membagikan tulisan ini karena patut dibaca siapapun. Silahkan mau di share lagi. 


Sumber : FACEBOOK : Cahaya Bulan


Alhamdulillah kemarin ups tepatnya sudah lama,lupa tapi saya dapat hadiah dari sahabat blogger. dari Ukhti yang baik Monika Yolanda Putri



Syurkon ya ukht Monika Yolanda Putri,
 yang mengatakan Blogku tulisannya menarik dan sarat hikmah, 
Jazakillah khairon katsiron. 

*_*  & ^,^





52 komentar:

  1. Sederhana tapi sangat susah dipraktekkan .. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. benr amat sangat yah?
      tp klo kita yakin bisa kenpa ga? hehe HAMASAH

      Hapus
  2. hmm, kayaknya saya termasuk orang yg gampang tersinggung nih.. harus lebih menahan diri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, aku juga kok sama2 ehhehe.. yuk praktekin. Penyakit tersinggung ini kan kategori penyakit hati

      Hapus
  3. orang mudah tersinggung biasanya karena dia lagi ada masalah, lagi sensi jadinya diomongin dikit aja langsung ngambek, kalau saya yang sedang sensi dan terima sms yang tidak enak biasanya tidak saya balas, diamkan saja, setelah tenang baru deh positif thinking dengan bilang ke diri sendiri 'ah paling dia maksudnya cuma bercanda atau apa'

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh.. iya bener bgd tuh mbak .. hihihihhi

      Kitanya lagi sensi dan miss komnks.

      Hapus
    2. hooh apalagi cewe, ada waktunya untuk lebih sensi.. biasanya sih udah pada paham :D *pembenaran

      dapet award ya, selamat :)

      Hapus
  4. intinya hanya orang keci saja yang mudah tersingguh ,.. kalo itu menurutku soobb.... sepakat

    BalasHapus
    Balasan
    1. tpi klo gak tersinggung malah marah pie.. kwkwkwk

      Hapus
  5. 4 teknik yang kelihatan sepele, tapi kayanya berat jika dilaksanakan, tapi coba deh, ane cepet kesinggungan soalnya, maturnuwun triknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. enjih sami2 pak.. ehhehe smoga bermanfaat yah

      Hapus
  6. klo mau sok tau ke 4 point diatas termasuk dlm 'Harus belajar ikhlas' kata org jawa hrs nrimo atau legowo..., *smile

    BalasHapus
  7. Setuju dengan keempatnya, secara psykologis dibenarkan, tap satu yang terpenting dan sangat efektif, yaitu memperbanyak berdzikir, karena dzikir itu bisa meluruhkan noktah2 hitam dihati, dan mudah tersinggung, riya, sombong dll adalah bagian dari noktah2 hitam tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. SIP Pak. Bapak yg satu itu memang bener2 deh. bener jawabannya hehe

      Hapus
  8. artikelnya bagus banget and bermanfaat,
    memang benar sekali, dsms rentan tersinggung..
    Tpi insya Allah setelah aku membaca ini aku jdi mengerti tekniknya..
    terima kasih ilmunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehhehe ngertian nih. jangan2 tersinggungan jga klo lgi smsan heheh..

      Hapus
    2. cocok dg selera,mantab moga dapat merubah jiwa yg keedil.....

      Hapus
  9. tips yang bagus sekali, walau terkadang dibutuhkan jiwa besar untuk melaksanakannya. Thanks for share yaa... :), akan dicoba mempraktekkannya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bunda alaika... aku belum sempat mampir nih
      temen2 juga eheh

      Hapus
    2. subhaanalloh.. :) SUKSESS SLALU MENGHADAPI VIRUS TERSINGGUNG..

      Hapus
  10. wah ini tipsnya bagus, moga kita bisa praktekan, amin

    BalasHapus
  11. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    BalasHapus
  12. marah itu membuat pahala kita berkurang banyak, aku musti mencoba lebih keras lagi belajar menahan marah

    BalasHapus
  13. Terima kasih atas artikelnya.
    o iya selama saya jelajah mencari ilmu dengan blogwalking, menurut saya anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada waktu saya akan berkunjung lagi.



    #Semoga sehat selalu :D

    BalasHapus
  14. Terkadang sms bisa membuat kesalah pahaman, dikarenakan tidak ada atau tidak mendengar intonasi secara langsung :)

    BalasHapus
  15. Iya saya lebih suka memecahkan masalah dengan berbicara dibanding harus melalui media lain karena akan terjadi bias, bias bahaya banget buat org yg sensitif. kalo salah ngartiin bisa berabe.

    event ngeblog: menulis di blog dapet android, ikutan yuk!

    BalasHapus
  16. Tips yg sangat puenting bianget buat aku nih, Nur. Soalnya kalo aku rasa2, aku mungkin bisa kegolong org yg mudah tersinggung. kata bu guru bhsa Indonesia, sensitif kali ya. hehe

    BalasHapus
  17. kunjungan kesekian kalinya.. minta follbek.. ke 465,, didin pencari dollar

    BalasHapus
  18. hemm kadanag2 ane juga gitu sih, tulisan ini sangat bermanfaat buat ane, makasih gan :)

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah...., empat teknik yang penting itu, Mbak. Makasih banyak ya.... [betapa bahagianya tidak tersinggungan itu]

    BalasHapus
  20. wew nice share k, ijin praktek...^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya yakin jika dipraktekn, gak ada namnya adu jotos2an di saat demo...

      Hapus
  21. iyaya mestinya emang begitu, segala sesuatu pasti baik kalo dipandang dari sudut yang tepat :D

    BalasHapus
  22. Renungan untuk bersama ya Annur :)

    BalasHapus
  23. yang penting,terus instropeksi diri terhadap semua hal yang datang kepada kita agar kelak menjadi manusia yang lebih baik

    BalasHapus
  24. Ya, 1000 manusia 1000 pola pikir.
    Ketersinggungan kadang dipicu krn kesalahpahaman komunikasi dan salah persepsi. Jadi cobalah seperti pemain billyard yang bisa melihat bola dari segala macam sudut pandang, hehehe...

    Berhati besarlah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ser jawabnnya Nhinis masya Alloh hehe sudut pandang manapun OCRE... PR nih buatku hehe..katany2 amazing Masya Alloh..

      Hapus
  25. Terima kasih sahabat atas berbagi pencerahannya sahabat

    BalasHapus
  26. disinilah bagian tersulitnya, bersabar disaat hati sudah gusar dengan berbagai hinaan..

    tapi, seperti pada bagian akhir tulisan artikel ini, Allah SWT pasti akan membalas setiap kesabaran hamba-Nya..

    terimakasih banyak atas tulisannya yang memotivasi.. ^_

    BalasHapus
  27. de'Annur ini fb aku http://www.facebook.com/hera.wati.733 ^_^

    BalasHapus
  28. “Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar"(QS: 2 : 153)

    BalasHapus
  29. Iya, postingan ini bisa jadi bahan renungan... Suka deh!

    BalasHapus
  30. Penuh pesan-pesan yang biasanya terabaikan oleh Kita karena menganggap remeh suatu yang sebenarnya patut untuk dilakukan... :)
    Hadir perdana di Blog Sobat, izin share : MP3 Kisah Inspiratif Bag. XIV, ditunggu komentarnya, Thx... :)
    Salam bLogger,

    BalasHapus
  31. makasih sob untuk trik2 nya, sangat bermanfaat sekali untuk mengurangi/mencegah penyakit tersinggung.......

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah..
    saat saya juga sedang tersinggung, dan terbaca entri ini.
    terasa lega dihati.
    Terima kasih ianya bermanfaat sekali buat diri saya ^_^

    BalasHapus
  33. ayo ayo kerahkan sikap terbaik kita ^^

    BalasHapus

Komentar yang sopan
Kritiklah bila membangun bukan menjatuhkan
salam persaudaraan ^_^

 
Catatan Annurshah Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template