Suka Cita Handphone Pertamaku

Pertama kali pegang HP itu rasanya, jadi KEPO. Tahun 2008 menjelang kelulusan sudah semester 2. Jari-jemariku rasanya penasaran sekali ingin pencat sana pencet sini. Maklum, lihat teman-teman punya HP itu bikin iri. Tapi sadar diri, aku baru bisa punya HP sendiripun bekas milik abangku pula. Entahlah, perasaanku benar-benar tak percaya. Kelas 3 SMA, tingkat sekolah akhir yang harus kulalui membuatku benar-benar ingin memiliki HP. Tapi ya sadar dirilah, aku mau minta siapa? Bisa sekolah saja bersyukur, dapat uluran tangan kanan kiri lewat abang-abangku. 
HP mungil perdana 
Hp pertama itu SIEMENS A55. Waduh HP ini benar-benar kecil dan super nyebelin. Bukan karena senang punya HP tapi terpaksa nerima barang bekas. Butuh buat komunikasi tanya tentang PR dan sebagainya. 
Tapi modusnya, jaman ABABIL itu aku masih suka ngerjain kakak kelas. Hahaha.. modus banget kan?
Parahnya aku sampai keblinger dengan keadaan ini, dan move on karena HPku diiket pake ISOLASI. Hah, sudah bekas pake tambal-tambal pula? Gubrak.

Eitz… tapi bergunanya adalah temanku masih ada yang suka pinjem HPku, pinjem HP alias minta pulsa kwkwkwkwk… coba lihat gadget Hp temenku yang keren-keren, pulsanya kosong. Masa mintanya sama anak baru punya HP? Ckckckck… bekas pula. :) saya Cuma batin “aneh”

Tapi mereka gak ada yang menghina kok, ya teman sekelasku kan orangnya baik-baik semua, persaudaraan duh, jadi kangen mereka…. Hikz…

Tapi sayang seribu sayang, Hpku dituker sama yang lebih bagus meski bekas sama nokia 2300 sama abangku yang satunya lagi. Eh malah dipake selama-lamanya, parahnya dijual uangnya dipake sendiri. 
Kupikir bakalan jadi milikku karena ada radionya yang bisa dengerin kuis tengah malam. Oh,hoho.. maklum anak SMA nunggu keluluran labilnya minta ampun.
Kesel, dongkol heleh….

Sampai akhirnya aku lulus SMA cari kerjaan kecil-kecilan di toko tapi gajiku gak cukup buat beli HP, terpaksalah pakai HP Nokia 5110 milik abangku yang gak kepakai. 
Duh, bayangin jaman sudah modern semua orang sudah pakai HP yang keren. Aku masih ketinggalan jaman. Ya, mau bagaimana lagi aku emang gak butuh HP saat itu. Temen kalau ngobrol kadang lewat Facebook.

HP gede, berat tapi bikin gemes.
HP NOKIA 5110 ini batreinya sudah lemah sangat. Punya sejarah mengesankan dan memalukan sih.
Aku pergi ke Semarang buat interview kerja sama temanku, cari penginapan kecil tidur bertiga bareng tante temanku. Parahnya temenku keterima dan aku gagal. Kesel, nyesek saat kutahu harus menunggu sampai sore. Gak layau. Masa dipabrik banyak para lelaki begini aku nungguin kayak anak kehilangan induknya. Diajaklah sama teman kenalan untuk ke kos-kosannya yang jaraknya astaghfirullah jauh pisan. Naik-naik ke puncak gunung deh pokoknya. Meski Cuma sekali naik bus.

Kepikiran dan berharap temanku Inta gak diterima biar senasib, jiah jahatnya dakuh. Aku di sana Cuma duduk di atas kasur sambil nonton TV tanyangan ON THE SPOT. Waktu itu acaranya siang hari pembawa acaranya gadis cantik Thalita Latief.

Eh, HPku benar-benar kehabisan batrei, untung di kos-kosanan teman baru ada charger Nokia yang cucok. Bahagianya, awalnya mau meringis lega. Tapi malah meringis gundah gula! Parah HPku gak mau ngecas. Lama-lama teman baruku ini memperhatikan aku dan mungkin kesal ngumpat dalam hati juga, kalau cahrgernya dipaksain masuk ke HPku. Lagi dan lagi bunyi berontak.
Gagal ndak connect iki! 

“Ndak usah dipaksa, nanti chargernya malah rusak lho!” ucapnya pelan dengan logat jawa khas asli anak Tuban Jateng.

Hiks, nangis dalam hati. “Iya mbak, sudah kulepas” 

Sambil melepasnya dengan berat hati, aku merasa akan tamat riwayatku jika harus menunggu balasan dari Inta.

Tepat jam 3 sore, aku lekas diantar dengan motor menuju trotoar, sambil menunggu bus yang akan menghantarkanku pada tempat semula, aku celingukan sendirian.
Dan setelah naik bus, tidak lega begitu saja, karena aku takut nyasar. Ketar-ketir, badanku kecil mungil begini sendirian dijalan besar. Meski umurku udah diatas 17 tahun. Ckckckk… aku pindah posisi duduk di sebelah mbak-mbak berkerudung putih.
Inta sms tapi saat mau membalas Hpku mati, oalah bunyi terus ngedropnya..tut…tut..tut. Sekeliling mata manusia di dalam bus memperhatikanku, dengan bunyi keras Hp ngedrop aku seperti dimata-matai bak seorang penjahat. Aku gak berani keluarin HP, apalagi ngintip ke dalam tas ransel hitam gede. Pokoke nesu.
Alloh, Help me. 

Sabar…sabar yah Inta, jangan pulang dulu aku ndak tahu arah jalan pulang kepenginapanku semalam.
Parah, ada kampanye partai dengan kaos berwarna serba merah. Tahulah partai apa, bikin macet, perjalananku yang seharusnya kurang dari 20 menit itu malah melebihi batas 30 menit. Aduh, situasi jantungku seperti mau copot dari wadahnya. 
Saya siap berdiri memperhatikan sisi kanan jalan. Siapa tahu saya masih ingat pabriknya, jadi bisa berhenti tepat sasaran.

“Om, kiri! Om kiri!!” Teriaku agak terlambat. 

Anak kecil bersama seorang ibu menatapku terus. Entahlah apa yang dilihat dari tubuhku, sejak awal turun menuju kos-kosan sudah dipelotitin sama anak-anak gak kenal entah perempuan maupun laki-laki. 
Waduh, kelewat batas parah sepatuku juga lepes biki jari-jari kaki sakit semua.

Akhirnya aku berlari seperti menaiki gunung lagi. Napas lega sambil terengah-engah. Rupanya Inta menunggu sambil berdiri seorang diri.

“tadinya aku mau pulang dulu, kalau kamu emang gak ke sini”

Huh, menarik napas lega. Akhirnya, beruntunglah meski HP jadulnya mati… ada hikmahnya Allah masih menolongku dalam kesempitan. 

Hari itu kapok pakai HP jadul itu lagi…. Dan endingnya gak pegang hp sampai akhirnya kubisa beli sendiri dengan hasil uang kerja. 

Selamat tinggal HP lama yang sudah tak tersisa alias sudah laku dijual dari tangan ke tangan.

Tulisan ini diikut sertakan dalam GIVEAWAY CERITA HAPE PERTAMA!


7 komentar:

  1. cerita hape pertamanya bikin ketar ketir hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, yang baca aja ketar-ketir apalagi yang ngalamin.. hehe.. duh..
      Alhamdulillah pengalaman berharga... ^_^

      Hapus
  2. hape pertamanya sama. saya juga dulu punya Siemens A55 warisan dari babeh. hehe

    BalasHapus
  3. mba aku balik visit blog nih :)
    blog nya bagus dan rapih :) tapi di page daftar isi nya kok ga ada isinya ya :( apa PC ku yang error ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kok, mungkin iya PCnya anti hehee.. kadang gtu.. ak jga pernah ganti PC bgtu hehe..

      Hapus
  4. hihihi segitunya sama hape jadul.... :D

    Makasih ya udah ikutan GA saya :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya gemes bgd. pengen dilem biru. kata orang2 sih dilem biru aja. Karna terpaksa saya pakai hehee....
      :) makash mba sudha berkunjng

      Hapus

Komentar yang sopan
Kritiklah bila membangun bukan menjatuhkan
salam persaudaraan ^_^

 
Catatan Annurshah Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template